Graffiti Collection
Best Graffiti
New Graffiti

Sunday, May 17, 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SMP KELAS VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No.10,2

Sekolah : SMP 3 Weleri
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.2 Mengekspresikan diri melalui
karya seni grafis.
Indikator :
1. Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik cetak tinggi.
2. Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik cetak tinggi
.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1. Menjelaskan konsep cetak tinggi!
2. Menyebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
3. Menjelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
4. Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik
cetak tinggi.

B. Materi ajar
Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.
2. Kegiatan inti
§ Membuat desain seni grafis cetak tinggi.
§ Membuat negatif seni grafis cetak tinggi
§ Mencetak seni grafis cetak tinggi
3. Kegiatan akhir
§ Menunjukkan karya cetak tinggi terbaik siswa

E. Sumber Belajar
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas IX Penerbit Erlangga
· Media bahan, dan alat grafis.

F. Penilaian :
Teknik : Tes tulis dan tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
Instrumen :

1. Jelaskan konsep cetak tinggi!
2. Sebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
3. Jelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
4. Buatlah benda pakai dan atau benda hias dengan teknik cetak
tinggi !

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA

Aspek yang dinilai
Penilaian

Gagasan

Kreativitas

Teknik / bentuk

Karakteristik

Keterangan :
Sangat kurang
kurang
cukup
baik
sangat baik




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No.10,2

Sekolah : SMP 3 Weleri
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 7-12
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.2 Mengekspresikan diri melalui
karya seni grafis.
Indikator :
1. Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik fotografi
2. Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi
.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik fotografi
Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi

B. Materi ajar
Pengetahuan dan teknik pembuatan fotografi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
4. Kegiatan pendahuluan :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.
5. Kegiatan inti
· Membaca buku teks seni budaya tentang fotografi
· Mengamati tayangan pembuatan karya fotografi
· Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi
6. Kegiatan akhir
§ Menunjukkan karya cetak tinggi terbaik siswa

E. Sumber Belajar
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas IX Penerbit Erlangga
· Media fotografi: kamera, film, dan lampu foto.

F. Penilaian :
Teknik : Tes tulis dan Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
Instrumen :
1. Jelaskan konsep fotografi!
2. Sebutkan bahan dan alat fotografi!
3. Jelaskan teknik pembuatan fotografi!
4. Buatlah karya seni grafis dengan teknik fotografi!
CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA

Aspek yang dinilai
Penilaian
Gagasan
Kreativitas
Teknik / bentuk





Karakteristik RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No. 1.1

SEKOLAH : SMP 3 Weleri
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN KE : 1-2
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan nusantara.
INDIKATOR :
1. Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara
3. Mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya
seni rupa terapan nusantara.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara
3. Mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
rupa terapan nusantara.

B. MATERI AJAR
1. Pengertian seni rupa terapan nusantara.
2. Jenis karya seni rupa terapan nusantara.
3. Tehnik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara.

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : observasi, diskusi, tanya jawab.

D. LANGKAH KEGIATAN
a. Pendahuluan
· Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Motivasi dan apersepsi.
b. Kegiatan Inti
· Melihat tayangan gambar karya seni rupa terapan nusantara.
· Membaca referensi tentang seni rupa terapan nusantara.
· Mengkaji keragaman bentuk seni rupa terapan nusantara
c. Penutup
· Membuat kesimpulan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR
- Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
- Laptop dan LCD proyektor

F. PENILAIAN
· Teknik : Tes tertulis
· Bentuk instrumen : Uraian
· Instrumen penilaian

1. Jelaskan pengertian seni rupa terapan nusantara!
2. Sebutkan jenis-jenis karya seni rupa terapan!
3. Jelaskan teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa nusantara!
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP N0. 1.2

SEKOLAH : SMP 3 Weleri
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN KE : 3-4
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan
teknik karya seni rupa terapan
nusantara.
INDIKATOR :
1. Membuat ulasan tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
2. Membuat kliping gambar karya seni rupa terapan nusantara.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Membuat ulasan tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan,
fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
2. Membuat kliping gambar karya seni rupa terapan nusantara.

B. MATERI AJAR
· Nilai estetis dan praktis karya seni rupa terapan nusantara.
· Fungsi karya seni rupa terapan nusantara
· Makna karya seni rupa terapan nusantara.
· Teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara.

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : diskusi, tanya jawab, penugasan .

D. LANGKAH KEGIATAN
a. Pendahuluan
· Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Motivasi dan apersepsi.
b. Kegiatan Inti
Membaca referensi tentang nilai seni rupa nusantara.
Melihat tayangan proses pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
rupa terapan nusantara
Diskusi keragaman jenis, bentuk, makna, fungsi karya seni rupa.
c. Penutup
· Membuat kesimpulan

E. SUMBER BELAJAR
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII
Gambar karya seni rupa nusantara



F. PENILAIAN
· Teknik : Tes unjuk kerja
· Bentuk instrumen : Uji produk
· Instrumen :
1. Buatlah ulasan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara!
2. Buatlah kliping gambar karya seni rupa terapan nusantara!





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No. 2.1

SEKOLAH : SMP 3 Weleri
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN KE : 5-6
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak
seni rupa terapan nusantara

INDIKATOR :
1. Mendiskripsikan konsep batik.
2. Membuat desain pola batik berdasarkan corak ragam hias
nusantara.

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Mendiskripsikan konsep batik.
2. Membuat desain pola batik berdasarkan corak ragam hias nusantara

B. MATERI AJAR
· Konsep batik
· Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian tugas.

D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.
b. Kegiatan Inti
· Membaca referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.
· Melihat tayangan gambar batik.
· Menggambar desain ragam hias untuk pola batik
c. Kegiatan akhir
· Menyimpulkan materi pembelajaran

E. ALAT / SUMBER BELAJAR
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
· Media elektronik lap top dan LCD proyektor



F. PENILAIAN
Teknik : Tes tulis dan tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uraian dan uji produk
Instrumen :
Jelaskan konsep batik!
Buatlah desain pola batik untuk taplak berdasarkan ragam hias nusantara di atas kertas gambar!

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
Gagasan
Kreativitas
Teknik /bentuk
Karakteristik

Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No.2.2

SEKOLAH : SMP 3 Weleri
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN KE : 7-12
ALOKASI WAKTU : 12 X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 2.2 Membuat karya seni kriya tekstil
dengan teknik dan corak seni
rupa terapan nusantara.

INDIKATOR :
1. Membuat pola batik pada kain mori berdasarkan desainnya
2. Membatik tulis dengan bahan lilin dan alat canting
3. Mewarnai kain batik.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Membuat pola batik pada kain mori berdasarkan desainnya
2. Membatik tulis dengan bahan lilin dan alat canting
3. Mewarnai kain batik

B. Materi Ajar
· Konsep batik
· Bahan, alat, dan teknik membatik
· Langkah-langkah membatik
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL : Pemberian tugas, praktek.
D. Langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Motivasi dan apersepsi.
b. Kegiatan Inti
· Membaca buku teks tentang karya seni membatik.
· Melihat demonstrasi/tayangan teknik membatik.
· Praktek membatik sesuai dengan langkah-langkahnya
c. Penutup
· Menunjukkan karya batik buatan siswa yang berhasil baik
E. Sumber Belajar
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
Kain mori, lilin, pewarna, canting, wajan, dan kompor,



F. PENILAIAN
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji prosedur dan produk
Instrumen :
1. Buatlah pola batik pada kain mori berdasarkan desainnya!
2. Buatlah batik tulis dengan bahan lilin dan alat canting!
3. Warnailah kain yang telah dibatik!

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa batik
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
Gagasan
Kreativitas
Teknik / bentuk
Karakteristik


Keterangan : 1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No.2.3

SEKOLAH : SMP 3 Weleri
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER : VIII / I
PERTEMUAN KE : 13-16
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 menit
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 2.3 Mengekspresikan diri melalui karya
seni lukis /gambar.

INDIKATOR :
1. Menjelaskan gambar, unsur utama, corak, dan ragam gambar
ilustrasi.
2. Menggambar ilustrasi sesuai dengan pilihan corak dan ragamnya.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Menjelaskan konsep gambar ilustrasi
2. Menyebutkan unsur utama gambar ilustrasi
3. Menyebutkan tiga corak gambar ilustrasi
4. Menyebutkan lima ragam gambar ilustrasi.
5. Menggambar ilustrasi sesuai dengan pilihan corak dan ragamnya.

B. Materi Ajar
· Konsep gambar ilustrasi
· Unsur-unsur gambar ilustrasi
· Corak gambar ilustrasi
· Ragam gambar ilustrasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL : Pemberian tugas, praktek.
D. Langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
· Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Motivasi dan apersepsi.
b. Kegiatan Inti
· Membaca buku teks tentang menggambar ilustrasi.
· Melihat demonstrasi/tayangan gambar ilustrasi.
· Praktek menggambar ilustrasi sesuai dengan langkah-langkahnya
d. Penutup
· Menunjukkan karya gambar ilustrasi siswa yang berhasil baik
E. Sumber Belajar
Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
Media elektronik lap top LCD proyektor/ contoh gambar ilustrasi,
F. PENILAIAN
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji prosedur dan produk
Instrumen :
1. Jelaskan pengertian gambar ilustrasi!
2. Sebutkan unsur utama gambar ilustrasi!
3. Sebutkan tiga corak gambar ilustrasi!
4. Sebutkan lima ragam gambar ilustrasi!
5. Buatlah gambar ilustrasi sesuai dengan pilihan corak dan ragamnya

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa batik
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
Gagasan
Kreativitas
Teknik / bentuk
Karakteristik


Keterangan :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik



Keterangan :
Sangat kurang
kurang
cukup
baik
sangat baik








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No. 10.3

Sekolah : SMP 3 Weleri
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil
karya sendiri untuk pameran kelas
atau sekolah.

Indikator :
1. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas yang berupa katalog dan label karya.
2. Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
.
A. Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas yang berupa
katalog dan label karya.
2. Membuat proposal pameran seni rupa di kelas

B. Materi ajar :
· Persiapan pameran seni rupa di kelas
· Proposal pameran seni rupa di kelas

C. Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, pemberian tugas.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
2. Kegiatan inti
· Membuat persiapan pameran di kelas
· Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
.
3. Kegiatan akhir
§ Menyimpulkan materi pembelajaran.

E. Alat/sumber belajar :
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga.

F. Penilaian :
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Uji petik prosedur dan produk
Instrumen :
Buatlah kelengkapan pameran yang berupa katalog dan label karya!
Buatlah proposal pameran karya seni rupa di kelas /sekolah!
.

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA
Aspek yang dinilai
Penilaian
Gagasan
Penguasaan teknik
Ketepatan bentuk
Kreatifitas


Keterangan :
1. Sangat kurang
2. kurang
3. Cukup
4. Baik
5. Sangat baik







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP No. 10.4

Sekolah : SMP 3 Weleri
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Pertemuan ke : 14
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar : 10.4 Menata karya seni rupa hasil karya
sendiri dalam bentuk pameran
kelas/sekolah.
Indikator :
1. Mengelompokkan karya seni dengan jenisnya.
2. Menata karya sendiri di kelas/sekolah.

A. Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1. Mengelompokkan karya seni dengan jenisnya.
2. Menata hasil karya sendiri di kelas/sekolah.

B. Materi ajar :
Penataan karya seni rupa di kelas/ ruang pameran.

C. Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, Pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan :
· Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
· Pembagian dan pendelegasian tugas.
2. Kegiatan inti
· Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
· Menata karya.dengan tata letak yang sesuai
3. Kegiatan akhir
· Mengevaluasi pelaksanaan pameran.

E. Sumber Belajar :
· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII Penerbit Erlangga
· Perlengkapan alat-alat pameran..

F. Penilaian :
Teknik : Penugasan
Bentuk instrumen : Tugas proyek
Instrumen :
o Kelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya.
o Tatalah karya seni rupa dalam pameran di kelas/sekolah.




CONTOH LEMBAR PENILAIAN

Aspek yang dinilai
Penilaian
Gagasan/konsep pameran
Pengorganisasian
Penataan pameran


Keterangan:
1. Sangat kurang
2. kurang
3. Cukup
4. Baik
5. Sangat baik

No comments:

Post a Comment